Tips Menghitung Keuntungan Produk Usaha Churros

Sudah 3 bulan ini saya menjalankan usaha sendiri, membuka booth di mal yang menjual aneka churros dengan variasi toping kekinian. Usaha saya cukup diminati, terlihat dari penjualan produk yang lumayan ramai untuk ukuran pemula. Melihat kondisi usaha churros, saya makin bersemangat dan ingin lebih maju. Namun ada satu hal yang mengganjal di hati.

Baca juga : Catering Pernikahan Jakarta

Sampai saat ini saya tak tahu persis berapa keuntungan yang diperoleh. Setiap hari saya hanya mengumpulkan uang penjualan lalu saya berbelanja bahan dari uang itu. Sisa dari uang belanja setiap hari, saya kumpulkan untuk membayar gaji karyawan, sewa mal, dan sebagainya. Akhirnya, uang berputarputar saja di situ tanpa saya bisa ambil untuk pribadi, sebagai hasil keuntungan. Mohon masukan atas masalah saya ini, Bu. Terima kasih.

Dear Ibu Vanda, Senang mendengar usaha churros yang Ibu miliki diminati banyak pembeli dan bisa menghasilkan keuntungan. Ini merupakan langkah awal yang cukup baik dan problem kesulitan mendapatkan pembeli di awal sudah bisa teratasi. Sangat wajar jika diawal usaha pengelolaan keuangan masih “berantakan”.

Maksudnya, belum terkelola baik. Setelah usaha mulai buka dan berjalan, akan lebih baik jika Ibu mulai mempelajari ilmu manajemen usaha dengan skala usaha pemula. Untuk masalah yang Ibu alami, saya berikan tips/langkah mudah untung menghitung keuntungan produk usaha, sekaligus cara menghitung keuntungan usaha tiap bulannya. Berikut tahapannya:

Menghitung Biaya Produksi Setiap Produk

Langkah pertama, mengalkulasi biaya belanja untuk memproduksi churros. Usahakan menghitung biaya belanja bahan, seperti telur, tepung, mentega, dan lainnya sebanyak 1 resep atau 1 kali produksi. Misalnya, Anda menghitung untuk 1x produksi, belanja bahan Rp 100 ribu. Artinya, jumlah biaya bahan untuk 1x produksi Rp 100 ribu. Langkah kedua, melakukan penghitungan untuk 1xp produksi dapat menjadi berapa banyak produk?

Misalnya, setelah dihitung 1x produksi bisa menghasilkan 25 churros. Dengan mengetahui biaya produksi dan jumlah yang dihasilkan, selanjutnya Anda bisa menghitung biaya produksi khusus bahan untuk setiap unit. Langkah ketiga, menghitung biaya produksi per unit atau jumlah biaya produksi/jumlah produk yang dihasilkan. Berarti penghitungannya, Rp 100 ribu : 25 buah = Rp 4 ribu. Artinya, produk churros yang dijual memiliki biaya produksi bahan Rp 4 ribu. Jika Anda menambahkan aneka isi atau toping, tambahkan kembali biaya bahan untuk toping dan isinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *