Tips Menghitung Keuntungan Produk Usaha Churros Bagian 2

Saat ini, kita memiliki banyak variasi dalam menyajikan churros. Tak lagi sekadar ditaburi gula pasir dan bubuk kayumanis, tapi bisa diberi isi, toping, hingga berkreasi dengan adonannya. Mari kita coba, idenya sangat inspiratif sebagai peluang usaha.

Menghitung Keuntungan Kotor

Craftoflove.idCatering Pernikahan Jakarta.

Tips berikutnya, menghitung keuntungan kotor tiap produk. Caranya mudah, Anda tinggal mengurangi harga jual dengan biaya produksi bahan. Contohnya, produk churros aneka toping setelah dihitung dengan toping atau isi, biaya produksinya rata­rata Rp 5 ribu dan Anda jual Rp 10 ribu untuk tiap unitnya. Berarti, keuntungan kotor yang dapat diperoleh untuk tiap unitnya Rp 10 ribu – Rp 5 ribu = Rp 5 ribu. Artinya, keuntungan tiap unitnya Rp 5 ribu. Jika dalam sehari Anda dapat menjual 100 churros, maka keuntungan kotor yang dapat diperoleh tiap harinya Rp 5 ribu x 100 buah = Rp 500 ribu. Jika rata­rata penjualannya stabil, dalam sebulan bisa memperoleh Rp 15 juta.

Baca juga : rebornmind.org

Menghitung Biaya Operasional Usaha

Tahap berikutnya, menghitung biaya operasional usaha. Bila tadi kita menghitung biaya produksi yang hanya biaya bahan saja, untuk biaya lain seperti gas, gaji karyawan, dan lainnya bisa dihitung sebagai biaya operasional. Mengapa penghitungannya dipisah dengan biaya bahan? Agar lebih akurat biaya yang tak dapat dibagi secara pasti, seperti gas, tenaga kerja, dan lainnya, akan lebih baik jika dihitung dalam penghitungan biaya operasional.

Baca juga : revogayahidup.com

Anda dapat menghitung kebutuhan biaya operasional seperti gas, gaji, kemasan, sewa, dan biaya lain yang dikeluarkan dalam 1 bulan oleh usaha Anda. Misalnya, setelah dihitung total biaya operasional usaha Rp 7 juta per bulan. Berarti dalam sebulan biaya operasional rata­rata usaha Rp 7 juta, dengan penjualan rata­rata 100 churros per hari.

Menghitung Keuntungan Bersih

Tahap terakhir, menghitung keuntungan bersih. Mudah cara menghitungnya, yaitu mengurangi total keuntungan kotor dengan biaya operasional stiap bulan. Dengan contoh di atas, maka penghitungannya Rp 15 juta – Rp 7 juta = Rp 8 juta. Jadi, perolehan keuntungan bersih dari usaha churros adalah Rp 8 juta per bulan. Mudah, bukan, cara menghitung keuntungan produknya? Semoga bermanfaat. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *