ikan gurame

Berwisata Sekalian Menikmati Nikmatnya Gurame Goreng Madu

Batu merupakan kota wisata di Jawa Timur yang bertetangga dengan Malang. Karena kota wisata, banyak sekali rumah makan di kota ini yang pantas kita kunjungi.

Mulai dari sate kelinci, sampai ketan dengan beragam pilihan toping. Datang ke Batu, bukan hanya mendapatkan udara segar, pemandangan indah, tetapi juga santapan nan sedap.

Lezatnya Gurame Asam Manis dan Ayam Goreng Madu

Orang yang datang mengunjungi rumah makan ini biasanya mencari ayam goreng madu dan gurame asam manis. Ayam goreng madu sebetulnya mirip bacem, tetapi rasa manisnya didapat dari madu. Harganya Rp 35 ribu per ekor atau Rp 10 ribu per potong.

Melengkapi sajian ayam dan ikan yang cukup variatif jenisnya di sini, Anda bisa memilih menu sayuran seperti oseng daun pepaya dan cah kangkung

Porsinya cukup besar, terutama jika dibanding dengan harganya yang hanya Rp 4.500 untuk daun pepaya dan Rp 12.000-Rp 15.000 untuk kangkungnya. Satu lagi yang sering dicari orang adalah asemasem bandeng tanpa duri. Potongan bandeng ini terlihat menggiurkan di dalam kuah bening dengan potongan belimbing wuluh di sana sini

Baca Juga: Perbedaan Buter dan Margarin

Menu ini yang paling sering dicari orang. Tentu masih banyak olahan gurame lain yang dijual Rp 8 ribu per 100 gramnya. Kalau tak suka gurame, coba olahan lelenya. Salah satunya lele yang diberi kuah kuning yang dibuat dari bumbu acar. Rasanya segar dan cocok berpadu dengan daging lele yang lembut dan gurih.

Rumah makan ini menawarkan lele bumbu acar dan sup merem melek. Lele bumbu acarnya tampil renyah, karena dua ekor ikan lele berukuran sedang,digoreng terlebih dahulu lalu disiram kuah asam berwarna kuning dari kunyit dengan irisan cabe rawit.

Seporsi lele bumbu acar bisa dinikmati dengan harga Rp 15 ribu. Anda yang ingin menyantap hidangan berkuah, bisa memilih sup ikan. Ikan guramenya akan ditimbang dahulu lalu diolah menurut pilihan Anda. Misalnya sup asem-asem.

Rasa asamnya muncul dari tomat. Keharuman kuahnya muncul dari daun bawang dan kemangi. Jangan lupa cicipi juga udang jomblo, cah selada air, dan nasi goreng seafood. Rumah makan milik Imawati Maria Suteja yang sudah 4 tahun melayani pelanggan ini, selain menawarkan aneka menu lezat, juga menawarkan nuansa sejuk persawahan karena lokasinya terletak di tengah – tengah persawahan.

Menu Burung Dara Tak Kalah Lezat

Selain menu rumahan istimewa tadi, Anda bisa menyantap olahan burung dara. Tetapi harus datang tepat waktu alias lebih awal karena pasokan burung daranya tidak banyak. “Maklum kami menggunakan burung dara muda,”jelas Bpk. Yondi (33), general manager rumah makan ini sekaligus putra pemilik rumah makan, Dedi Haryono.

Di rumah makan ini Anda bisa menikmati menu spesial burung dara dan urap ikan asin. Burung dara bisa dipilih pengolahannya menggunakan saus inggris, digoreng dan mentega. Burung dara yang diolah menggunakan saus inggris tampil dengan burung dara yang digoreng, diberi kangkung dan disiram dengan saos inggris. Burung daranya tampil dengan tekstur lembut dan renyah serta rasa

kecap inggris yang kuat. Seporsinya bisa dinikmati dua orang ditawarkan dengan harga Rp 30 ribu. Rumah makan ini berdiri sejak 2001, tetapi sudah memiliki 4 cabang yaitu di Malang, Karang Ploso, dan Kediri.

Silakan datang antara pukul 09.00-pukul 22.00 untuk bersantap di resto nan apik ini. Tak perlu ragu membawa orang banyak karena kapasitasnya mencapai 300 tempat duduk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *