Bantu Batita Mengembangkan Motoriknya Bag4

Ajak ia ke taman dan dorong ia untuk bermain kejar-kejaran dengan kita (tip: jika ia mendapatkan pelukan hangat di tiap akhir permainan, dia pasti akan berlari semakin cepat!) Gambarlah lintasan lomba di taman atau jejeran bulatan besar dan minta ia melompat dari satu lingkaran ke lingkaran selanjutnya. 6. BERENANG DAN MEMERCIKKAN AIR Bermain air adalah cara menyenangkan dalam mengembangkan koordinasi dan membantu batita merasa nyaman dengan tubuhnya, tapi penting untuk memahami isyarat yang diberikan si kecil saat Mama berusaha mengenalkannya kepada air.

Baca juga : Kursus Bahasa Jepang di Jakarta Selatan

Beberapa anak senang mencelupkan kaki mereka ke dalam air, beberapa senang memercikkan air, sementara yang lain lebih suka mendayung dengan tenang. Kebanyakan batita akan merasa senang dengan rasa ringan yang mereka dapatkan saat berada di dalam air, karena mereka bisa melompat lebih tinggi dan turun dengan lebih perlahan daripada saat mereka berada di darat. Lucunya, ada batita lain yang tidak senang kalau seluruh tubuhnya basah.

Cari tahu permainan air seperti apa yang membuat anak Mama merasa nyaman dan mulailah dari sana. Ingatlah bahwa keamanan adalah kunci utama. Karena itu tetaplah di dalam air sampai Mama yakin si kecil bisa berenang sendiri (sabar ya, Ma, hal ini baru bisa dilakukan sempurna saat si kecil menginjak usia sekolah dasar). Jika si batita tampak berminat, berikan ia beberapa pelampung lengan atau baju pelampung agar ia tetap aman (carilah yang dirancang khusus untuk anak-anak). Ban renang juga bagus untuk anak-anak yang ingin kepala mereka tetap berada di atas air.

Tapi tentunya semua itu tidak bisa menggantikan Mama atau Papa. Artinya, orangtua selalu harus berada di dekat si kecil walau mereka memakai pelampung yang paling canggih sekalipun! Kenalkan anak Mama dengan beberapa hewan air dan dorong ia untuk meniru mereka: “Gerakkan siripmu dan goyangkan ekormu”. Perkataan seperti itu biasanya berhasil mengajari banyak batita untuk bergerak di dalam air. Jika si kecil seperti tidak suka, mungkin yang terbaik adalah dengan tidak memaksanya. Tunggu saat yang tepat untuk mulai menyukai air dan pilihan ada di tangannya.

Sumber : https://eduvita.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *